23 June 2009

Menyelamatkan Dunia Dengan Sampah

Media poster menjadi pilihan kami dalam menyebarkan gagasan akan pentingnya menjaga kebersihan. Kami menganggap bahwa media poster sampai kapanpun masih relevan dalam mengajak masyarakat. Poster ditempel dan dibaca, sehingga mampu mengajak orang lain yang melihat.

Poster kami mengangkat tema “Menyelamatkan Dunia dengan Sampah”. Hal ini karena tidak bias dipungkiri bahwa bencana alam yang menewaskan ribuan jiwa dipicu oleh setitik sampah. Kurangnya kepedulian kita untuk membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu pemicu bencana tersebut. Kini, melalui poster kami mengajak segenap warga FIB untuk lebih peduli terhadap sampah, bukan hanya membuang sampah pada tempatnya, tetapi juga memungut sampah orang lain yang telah dibuang di sembarang tempat.

Empat buah poster yang berbeda kami pasang di beberapa titik strategis Fakultas Ilmu Budaya supaya dapat diperhatikan oleh orang lain. Adapun poster-poster tersebut antara lain:

1.    Gambaran sampah yang kurang dipedulikan oleh orang lain. Jarang sekali orang melihat ada sampah didepannya lalu memungut dan membuangnya. Oleh karena itu sebuah poster dengan secarik puisi menjadi ajakan untuk memungut sampah yang berserakan dan membuangnya pada tempat yang disediakan.

2.    Sebuah poster mengenai wanita yang membuang sampah di tempat sampah. Dibawahnya disertai ajakan untuk membuang sampah pada tempat yang disediakan.

3.    Poster yang bertemakan menyelamatkan dunia sengan sampah. Sebentuk kepedulian kecil kita terhadap sampah tentu akan menyelamatkan dunia dari berbagai ancaman global yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan bencana alam.

4.    Gambaran bagaimana kita tidak memiliki kesempatan ke dua untuk hidup di bumi ini. “THERE IS NO PLAN B, ONE EARTH, ONE CHANCE“. Bahwa tak ada rencana lain selain bumi. Bumi hanya satu, jika kita merusaknya, maka tidak ada planet lain untuk kita hidup. Sudah selayaknya kita menjaga bumi ini dengan tidak membuang sampah sembarang tempat.

Terakhir, melalui selembar tulisan ini, kami mengajak saudara semua untuk peduli akan kebersihan. Mari selamatkan dunia dengan sampah!!!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment