16 January 2008

The Golden Compass

Habis nonton film The Golden Compass (judul lengkapnya His Dark Materials : The Golden Compass). Sebuah film fantasi yang bagus. Menceritakan tentang Lyra Benacqua (Dakota Blue Richards), seorang bocah cilik yang berusaha mencari kedewasaan dan tidak ingin disebut sebagai wanita sejati (yang kental dengan image manja dLL.). Film ini berkisah tentang Lyra yang bertualang menuju utara dengan tujuan menyusul Lord Asriel (Daniel Craig), pamannya yang seorang ilmuwan sekaligus pengembara. Selain itu ia juga mencari tahu apakah itu "dust" yang dianggap penting oleh segolongan penguasa. Hal ini dikarenakan partikel temuan pamannya ini memiliki kekuatan gaib nan jahat. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Mrs. Coulter (Nicole Kidman), yang mengajaknya ke utara guna bertemu dengan pamannya. Sebelum berangkat ia diberi sesuatu yang disebut The Golden Compass oleh guru-nya. Alat itu mampu menunjukkan apa yang tersembunyi (sebuah kebenaran) kepada pemakainya. Ditemani dengan daemon (semacam peliharaan yang melambangkan jiwa sang pemilik) miliknya yang mampu berubah-ubah bentuk, Lyra pun bertualang menuju ke utara bersama dengan Mrs. Coulter dan bertemu dengan aeronaut Mr. Lee Scoresby (Sam Elliott), Iorek Byrnisson (Ian McShane) sang Pangeran Beruang Es, Serafina Pekkala (Eva Green) sang penyihir, dan kaum gypsi yang berjuang bersama guna melawan Dewan Penguasa Magistarium.


Ada pelajaran menarik yang bisa diambil dari film ini. Persatuan, perjuangan, revolusi, pemberontakan, dLL. Aku kira inilah pelajaran yang bisa dipetik dari film ini. Semangat seorang anak kecil yang selalu ingin tahu dan tidak mau diperdaya dengan mudah oleh kelompok lain, bahkan kalo bisa memperdaya musuhnya. Truz persatuan antara kaum gypsi dan penyihir yang mampu mengalahkan pasukan Magistarium mengajarkan bahwa apabila kita bersatu, maka revolusi pasti terjadi. Kalo kamu pengen belajar politik lewat sebuah film fantasi anak-anak, aq rasa film Goldan Compass tuh bahan yang bagus.

Tonton aja dah kalo ga percaya!!!


Judul : The Golden Compass
Pemain : Dakota Blue Richards, Nicole Kidman, Daniel Craig, Jim Carter, Tom Courtnay, Eva Green, Sam Elliott, Ben Walker, Ian McShane, Freddie Hughmore
Sutradara : Chris Weitz
Naskah : Philip Pullman (novel), Chris Weitz, Tom Stoppard
Distributor : New Line Cinema

No comments:

Post a Comment