27 May 2009

Troy


Troy adalah sebuah film ysng menceritakan tentang perang Troya. Raja agamemnon adalah raja dari Yunani yang haus akan kekuasaan, pengaruh serta perluasan wilayah. Raja agamemnon yang mempunyai tentara perang yang tangguh melakukan expansi pertamanya. Expansi itu melawan tentara dari Triopas.

Dalam perang itu, kedua belah pihak setuju melakukan perang dengan cara tradisional. Yunani diwakili oleh Archilles, seorang prajurit perang yang tangguh dan tidak tunduk kepada rajanya. Perlawanan itu akhirnya dimenangkan oleh Arhilles dengan mudah, dalam sekejap dia membunuh tentara dari Triopas yang diwakili oleh Boagrius. Triopas kalah dan memberikan tongkat kerajaan kepada Archilles tetapi Archilles menolaknya.

Setelah itu di Sparta diadakan perundingan untuk mengakhiri perang antara Troy dengan Sparta. Troy diwakili oleh Hector dan Paris. Namun dalam perjalanan pulang Paris menyulundupkan Helen, istri Menelaus. Melihat hal ini, Raja Agamemnon yang memang ingin menaklukkan Troy menjadikan hilangnya Helen sebagai alasan untuk menaklukkan Troy. Dia mengajak Archilles untuk berjuang demi Yunani. Odysseus datang untuk meyakinkan Archilles dan menemukan Archilles sedang berlatih perang bersama Patroclus.

Archilles sebelum pergi ke perang, dia lebih dahulu menemui ibunya. Archilles memberi tahu bahwa dia akan menemukan kedamaian dan menemukan kemuliaan tetapi tidak akan pernah kembali. Pada hari pertama perang, Yunani berhasil mengambil kontrol wilayah dekat pantai Troy. Di dalam kuil Archilles bertemu dengan Hector tetapi tidak terjadi adu kekuatan, bahkan Hector disuruh pulang. Archilles hanya mengambil Briseis sebagai hadiah.

Pada hari berikutnya Archilles tidak mengikuti perang tetapi mengamati dari kejauhan. Paris menerima tawaran dari Menelaus untuk berduel satu lawan satu. Paris hampir mati di tangan Menelaus, tetapi Hector campur tangan dan membunuh Menelaus. Melihat hal itu, Agamemnon terkejut dan melakukan perlawanan terhadap Troy. Melihat keadaan yang tidak berpihak kepada Yuanani, seluruh pasukan Yunani ditarik mundur dan kembali ke kamp. Pada malam hari menjelang fajar, Troy melakukan serangan mendadak ke kamp Yunani. Tentara Yunani terlihat kalang kabut, namun akhirnya muncul Patroclus yang menyamar menjadi Archilles. Patroclus akhirnya mati di tangan Hector. Archilles yang mendengar tentang berita kematian Patroclus sangat terpukul dan marah.

Pada hari berikutnya, Archilles pergi ke Troy sendirian dan menantang Hector untuk berduel satu lawan satu. Hector akhirnya mati di tangan Archilles dan membawa mayat Hector ke kamp Yunani dengan diseret oleh kereta kuda.

Pada malam harinya, Raja Priam dari Troy datang ke kamp Yunani dan menemui Archilles untuk mengambil mayat Hector. Archilles memberikan mayat Hector kepada Raja Priam dan mengijinkan Briseils untuk pulang. Archilles juga mengatakan bahwa tidak akan menyerang Troy selama 12 hari.

Yunani menggunakan patung tiruan kuda raksasa untuk memasuki kota Troy. Yunani meninggalkan kamp dan bersembunyi di balik karang pulau. Tiruan kuda raksasa itu ditinggalkan di kamp. Raja Priam datang mengunjungi kamp Yunani tetapi hanya menemukan tiruan kuda. Paris mengingatkan akan bahaya dari patung kuda itu. Namun, raja Priam berkata bahwa kuda itu sebagai simbol perdamaian dari Yunani. Tentara Troy membawa patung kuda itu ke kota Troy. Pada malam harinya, tentara Yunani yang tadinya bersembunyi di dalam patung kuda keluar dan mulai mengobrak-abrik kota Troy. Tentara Yunani mulai menguasai kota Troy. Raja Priam dibunuh oleh Agamemnon, namun Agamemnon sendiri juga mati di tangan Briseis.

Paris menemukan Archilles sedang bersama Briseis dan tanpa ampun Paris memanah tubuh Archilles hinnga akhirnya mati. Pada akhir film ini, Odyseus menyampaikan sebuah kalimat yang berbunyi “ biarkan mereka berkata saya berjalan dengan raksasa, biarlah mereka berkata saya tinggal di waktu Hector, biarkan mereka berkata saya hidup di zaman Archilles”.

No comments:

Post a Comment